Kamis, 11 April 2013

INOVASI ANAK SMK DI INDONESIA

Pesawat Jabiru J430 SMK Negeri 29 Jakarta


Siswa SMK Negeri 29 Jakarta telah mengeluarkan pesawat rakitannya. Pesawat itu diberi nama Jabiru J430. Pesawat ini merupakan wujud aplikasi keterampilan siswa SMK jurusan penerbangan. Perakitan Jabiru J 430 dimulai pertengahan September 2011 dan akan uji kelaikan terbang pada akhir Januari 2012 di Bandar Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten. Pesawat perintis Jabiru J430 hasil rakitan para siswa SMK Negeri 29 Jakarta diperkirakan mampu terbang hingga Bali dan Malaysia. Menggunakan bahan bakar pertamax dan berkecepatan kurang lebih 130 knot, pesawat ini mampu menjangkau jarak Jakarta-Surabaya dalam waktu tiga jam, hanya dengan 80 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) pertamax. Harga pesawat ini ditaksir mencapai Rp1,3 miliar.



Moko Karya Siswa SMKN 5 Makassar, Sulawesi Selatan

Moko atau Mobil Toko ini dikembangkan oleh siswa SMK 5 Makassar dan mekanik lokal. Moko merupakan ide dari Gubernur Sulsel dan diluncurkan pada ulang tahun Sulsel Oktober 2011 lalu. Mesin Moko ini masih menggunakan mesin impor dari Cina. Namun 80 persen bahan baku lainnya menggunakan produk lokal kerja sama dengan PT Industri Kereta Api Nasional



Mobil “Rosa” karya siswa SMK Negeri 6 Malang, Jawa Timur

Mobil tipe SUV ini dirakit dan dikerjakan sendiri secara manual oleh siswa SMK Negeri 6 dalam waktu sebulan, dengan biaya mencapai Rp 125 juta. Mobil ini tergolong irit bahan bakar, untuk 1 liter bahan bakar bisa digunakan menempuh perjalanan 15 km. Selain tipe SUV, SMK Negeri 6 Malang juga sedang melakukan pembuatan mobil tipe MPV dengan biaya total mencapai Rp110 juta. “Untuk jenis MPV masih dalam tahap perakitan, dan rencana akan diselesaikan pula tahun ini, sehingga murid SMK di Malang tidak kalah dengan SMK dari daerah lain,” demikian ugkap Gunawan Dwiyono, wakasek bidang Kurikulum ketika sefang memamerkan produk ini di Balai Kota Malang.


Mobil Digdaya Karya SMK Negeri 1 Singosari, Malang Jawa Timur

Mobil Digdaya merupakan kreasi siswa SMKN 1 Singosari dibuat dalam 2 tipe yaitu jenis pickup seperti yang dipamerkan dan jenis SUV (Sport Utility Vehicle). Mobil ini dibuat dalam 2 tipe yaitu jenis pickup dan jenis SUV (Sport Utility Vehicle) dengan kapasitas mesin 1500 cc, berteknologi injection. Untuk jenis Pickup, dibanderol seharga Rp150 juta dan untuk yang jenis SUV dihargai sekitar Rp180 juta Tim pembuat Digdaya 1,5i terdiri dari 6 orang dengan dua orang pembimbing. Mereka mampu menyelesaikan pengerjaandalam waktu tiga bulan. “Kiblat” pembuatan mobil adalah kendaraan produksi GMC (General Motor Company).





         ( Dikutip Dari Beberapa Sumber )



0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Dibawah ini